Rekomendasi Hair Care Products Untuk Atasi Rambut Frizzy dan Rontok

Waktu kecil aku pernah dikatain "rambut singa" karena rambut aku kering, kasar, jundet dan mengembang a.k.a frizzy. Komentar jahat orang-orang tentang rambutku ini sedikit banyak memberikan trauma tersendiri. 

Apalagi ketika orang-orang mulai membanding-bandingkan rambutku yang tidak sehitam dan selurus saudara perempuan dan sepupuku yang lain. Waktu SD dulu, aku pernah ke salon dan memilih sendiri model potongan rambut yang aku inginkan. Pada saat itu aku merasa potongan rambut itu sangat cocok untukku. Tapi orang-orang terdekat yang kuharap mendukungku malah bilang kalau potongan rambut itu jelek sekali. Sayangnya mereka hanya bisa meledek tanpa ngasih solusi apa-apa.

Karena jadi ciut dikatain sebegitunya, akhirnya aku memangkas rambutku lagi hingga jadi lebih pendek. Sayangnya keputusanku untuk pangkas waktu itu terlalu gegabah. Yah, keputusan bijak apa yang bisa dilakukan anak SD? Rambutku yang mengembang itu malah jadi tidak bisa diikat. Aku tampak seperti singa dan jadi bulan-bulanan anak cowo seantero SD. 

Sebagai anak perempuan, kejadian itu memberikan trauma yang mendalam. Kejadian itu aku simpan sendirian karena merasa tidak ada ruang untukku mengadu. Sejak saat itu, setelah rambutku tumbuh lebih panjang, aku memutuskan untuk terus mengikatnya.

Ketika masuk SMP, aku memutuskan memakai jilbab karena merasa rambutku tidak membuatku tampak cantik. Saat itu tidak ada yang mengajariku bahwa urusan rambut bukanlah sesuatu yang permanen. Rambut juga bisa jadi indah asal dirawat dengan baik dan penuh kesabaran. Dulu aku berpikir, mau diusahakan bagaimana pun tetap akan sia-sia karena aku tidak terlahir dengan rambut yang indah sebagaimana saudara perempuanku yang lain.

Setelah aku akhirnya mempunyai penghasilan sendiri, aku meluangkan banyak waktu untuk belajar merawat diriku sendiri. Trial and error. Sampai akhirnya aku mengerti apa yang rambutku butuhkan dan bagaimana cara merawatnya.

Ketika membaca artikel ini, mungkin kamu juga sedang mengalami masalah rambut juga. Semoga beberapa tips soal perawatan rambut yang aku share ini bisa bantu kamu juga ya.

Rekomendasi Hair Care Treatment 

1. Mustika Ratu Hair Oil

Bermasalah dengan Rambut Frizzy dan Rontok? Rekomendasi Hair Care Products Ini Bisa Membuat Rambutmu Lebih Sehat Terawat!
Mustika Ratu Hair Oil Cem Ceman

Permasalahan utama rambutku adalah frizzy. Yaitu kering, kasar, dan mengembang sehingga sulit diatur dan mudah patah. Dilansir dari Naturally speaking by Erha rambut kita menjadi frizzy karena lapisan luar rambut yang terbuka, sehingga kelembapan udara mudah masuk dan membuat rambut mengembang. 

Untuk mengatasi hal ini, aku menggunakan hair oil Cem-ceman Mustika Ratu. Cem-ceman Mustika Ratu ini memiliki kandungan Minyak kelapa, Eclipta prostrata extract, Aleurites moluccana seed oil dan Lawsonia inermis leaf extract yang membantu merawat kehitaman rambut serta merawat kekuatan akar rambut agar tidak mudah rontok.

Setelah beberapa kali pemakaian, aku merasakan rambut aku jadi lebih ber-volume, lembab, lebih mudah diatur, dan rontoknya juga berkurang. Aku gak nyangka banget produk lokal yang harganya terjangkau, cuma 19 ribuan, bisa seefektif ini menyelesaikan masalah rambutku.

Cara penggunaan :

Sebelum keramas, aplikasikan Cem-ceman Mustika Ratu ini digunakan ke seluruh batang rambut dan kulit kepala. Biarkan selama satu jam lalu bilas dengan sampo hingga bersih.


2. Wardah Nutri Shine Conditioner

Bermasalah dengan Rambut Frizzy dan Rontok? Rekomendasi Hair Care Products Ini Bisa Membuat Rambutmu Lebih Sehat Terawat!
Wardah Nutri Shine Conditioner Argan Oil & Grape Seed



Karena aku gak selalu punya waktu yang cukup untuk pakai hair oil setiap kali akan keramas, aku memutuskan untuk menambahkan conditioner ke dalam rangakain hair care-ku.

Setiap kali keramas menggunakan sampo, kandungan minyak yang ada dirambut kita juga tebilas. Nah, conditioner berfungsi untuk mengenjaga kelembapan rambut setelah keramas. Selain itu, conditioner juga berfungsi melindungi kutikula rambut sehingga tidak mudah mengembang.

Aku menggunakan Wardah Nutri Shine Conditioner. Alasan aku memilih produk ini adalah karena kandungan argan oil, grapseed extract, dan ceramide-nya. Argan oil mengandung berbagai jenis minyak nabati, vitamin E dan antioksidan polifenol yang membantu menutrisi dan menstimulasi pertumbuhan rambut. Serta kandungan grape seed oil, sebagaimana dilansir oleh Brydie, mampu melembabkan dan mengurangi ketombe.

Cara penggunaan :

Setelah keramas dengan sampo, aplikasikan conditioner keseluruh batang rambut dan tunggu 1-3 menit lalu bilas.


3. Makarizo Advisor Hair Repair Anti-Hair Fall Hair & Scalp Tonic

Bermasalah dengan Rambut Frizzy dan Rontok? Rekomendasi Hair Care Products Ini Bisa Membuat Rambutmu Lebih Sehat Terawat!
Makarizo Hair & Scalp Tonic


Untuk meminimalisir rambut rontok, aku menggunakan Makarizo Hair & Scalp Tonic. Hair tonic berfungsi untuk menutrisi dan merangsang pertumbuhan rambut lebih cepat. Aku pernah coba produk hair tonic merk lain, namun kurang cocok karena aroma yang menyengat dan buat kepalaku jadi pusing.

Aku awalnya iseng-iseng coba produk ini dan ternyata cocok. Hair tonic Makarizo ini membantu menguatkan akar rambut dan anti ketombe. Aromanya segar dan gak buat kepala pening. Selain itu, kandungan menthol-nya ngasih efek sejuk di kulit kepala.

Cara penggunaan :

Setelah keramas, semprotkan secukupnya pada area pangkal rambut lalu pijat kulit kepala dengan cara memutar. Setelah pemakaian tonic tidak perlu dibilas. Hati-hati dalam penggunaannya agar tidak terkena mata. Apabila terkana mata segera bilas dengan air.


4. Makarizo Professional Texture Experience Creambath Vanilla Milk

Bermasalah dengan Rambut Frizzy dan Rontok? Rekomendasi Hair Care Products Ini Bisa Membuat Rambutmu Lebih Sehat Terawat!
Makarizo Professional : Texture Experience Intensily Nourishing Creambath


Salah satu treatment rambut yang paling aku suka adalah creambath. Biasanya kalau creambath, aku lebih sering ke salon. Biasanya aku creambath untuk relaksasi dan meringankan isi kepala yang berat. Namun, karena rutinitas semakin padat dan treatment ke salon lumayan menghabiskan banyak waktu dan ups... uang. Aku memutuskan untuk creambath sendiri dirumah.

Makarizo Texture Experience creambath ini punya banyak varian yaitu black chocolate, strawberry yoghurt, greentea, vanilla milk, dan mint sorbet dengan fungsi yang beragam. 

Varian yang aku pakai adalah vanilla milk.  Aku pilih varian yang ini karena rekomendasi dari teman dan karena aku juga suka aroma vanila yang lembut dan menenangkan. Creambath dari Makarizo ini juga buat rambut jadi lebih lembab, lembut, dan mudah diatur. Selain itu, aroma vanilla nya juga bertahan bikin rambutku wangi selama berhari-hari.

Cara penggunaan :

Setelah keramas, aplikasikan produk keseluruh rambut lalu pijat secara merata. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air.


5. Hair Dryer

Bermasalah dengan Rambut Frizzy dan Rontok? Rekomendasi Hair Care Products Ini Bisa Membuat Rambutmu Lebih Sehat Terawat!
Hair Dryer DoraHomi


Salah satu yang penting bagi seorang hijaber untuk merawat rambut adalah punya hair dryer. Meski penggunaan hair dryer terlalu sering juga punya efek samping buat rambut jadi kering, memiliki hair dryer juga memiliki manfaat tersendiri.

Aku lebih suka keramas di pagi hari, karena memakai hijab saat rambut basah buat rambut jadi ketombean, keberadaan hair dryer jadi penting buatku. 

Hair dryer yang aku gunakan adalah merk DoraHomi. Selain karena dayanya hanya 450 watt, hair dryer DoraHomi juga terjangkau hanya 50-ribuan aja. 


Selain produk-produk diatas, untuk memiliki rambut yang sehat juga diperlukan nutrisi dari sayur dan buah-buahan. Hair care products membantu merawat rambut kita dari luar. Oleh karena itu, ingat selalu untuk mengonsumsi sayur dan buah-buahan untuk menutrisi rambutmu dari dalam. 

Semoga tips dari aku membantu untuk kamu yang lagi berjuang untuk punya rambut yang sehat.



 


Posting Komentar